Selasa, 31 Mei 2016

memaknai hakekat mahasiswa
(perenungan diri)
sebelumnya mari kita coba untuk merenungi sejenak sebenarnya apa itu hakekat mahasiswa sebetulnya? apa yang kita lakukan sebagai mahasiswa? dan bagaimana kita menjalani peran tersebut?
sering pada diri kita ada sikap kebanggaan atas kemahasiswaan kita namun apakah hal semacam itu hanya sebatas simbol semata?
semula mahasiswa bisa diartikan suatu aliansi yang dimana di lingkungan masyarakat sebagai pemeran perubahan(agent of change) namun pada kenyataan yang terjadi mahasiswa kehilangan corak disaat kepribadian maupun idealismepun memudar ketika sikap apatis melajalela tanpa memiliki pandangan suatu bentuk penyikapan terhadap ketidakadilan.
kembali pada hakekat mahasiswa ketika mahasiswa hanya fokus pada masalah pengkritisan akan suatu birokrasi tanpa adanya pembelajaran bagaimana penyikapan akan suatu bidang ilmu pengetahuan terutama bentuk ilmu eksak itu akan sia-sia.bagaimana bisa ketika kita beretorika tanpa memiliki bentuk ketidakahlian suatu skill itu hanya percuma.tanpa dasar pemikiran tersebut tentunya konteks itu hanya dianggap lelucon ketika berada di masyarakat.
lantas apa yang kita lakukan sebagai mahasiswa menjalani suatu peran? maka jadilah aktivis yang akademis ketika kita memberi penilaian akan suatu masalah kita selesaikan dengan pandangan jelas,beretorika dengan pandangan dinamis ,dan berwawasan secara ilmiah
jangan jadi mahasiswa cuma numpang gelar,kuliah lulus dan selesai pulang tanpa esensi mari warnai akan kemahasiswaan kita.
wahai kawula muda!!! perangi sikap apatis
wahai rakyat jelata!!! jangan jadi budak birokrasi
wahai kaum marjinal!!! jadilah aktivis saintis
wallahu muafiq ila aqwamitthoriq
assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 komentar: